FUN STATION Forum Friendship & Brotherhood
Join us bro & sis di FS Forum Brotherhood untuk Fun,Friendship,Chat,Ask,Share Tips,Tricks,Trouble,Problem,Solusi Mengenai semua hal Anything/Everything untuk kamu2 semua...Welcome bro...Please Joint Us at This Forum Brotherhood Community...
FUN STATION Forum Friendship & Brotherhood

FS Forum Net Brotherhood,Share,Ask,Tips,Trick,Solution,Lifestyle,Health,Bussines,Gadget,Phone,Otomotif,Sport,Friendship,Networking,Fun,Friendship,Chat, Sport,Jokes,Ask,Internet,Repair,Assesories,Spare parts,Trade,
 
IndeksFunStation PortFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
untuk semua Sobat.Kami Mengundang Para Tamu, sekiranya berkenan para Sobat mari bergabung menjadi bagian dari FS Forum Brotherhood ---- Mari kita saling Ask & Share Solusi dan menambah Wawasan kita2 semua Thanks Alot Salam kenal - Admin FS Forum

Share | 
 

 Makhluk ini terdiri atas satu sel, tetapi punya tujuh jenis kelamin.

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
Admin
Admin
Admin


Jumlah posting : 2379
Score : 6688
Reputasi : 31
Join date : 15.06.11
Age : 38
Lokasi : DKI Jakarta

Karakter
Table: 2

PostSubyek: Makhluk ini terdiri atas satu sel, tetapi punya tujuh jenis kelamin.   Fri 10 May - 10:48:01


Tetrahymena

KOMPAS.com — Kalau ditanya tentang makhluk paling unik, mungkin jawabannya adalah Tetrahymena thermophila. Makhluk ini cuma terdiri atas satu sel, tetapi punya tujuh jenis kelamin.

Tentu jenis kelaminnya tak disebut sebagai laki-laki atau perempuan. Ilmuwan menyebutnya dengan tipe. Jadi, ada tipe I hingga tipe VII. Setiap sel bisa kimpoi dengan sel lain, kecuali yang setipe dengannya.

Meski punya tujuh jenis kelamin, T. thermophila bisa dibilang bukan merupakan spesies yang suka kimpoi. Mereka lebih memilih reproduksi aseksual.

Saat reproduksi aseksual, sel T. thermophila membelah menjadi dua sel yang identik. Salah satu dari dua inti sel yang dimiliki, disebut germline nucleus, tak melakukan apa-apa. Hanya gen pada inti sel lain, disebut somatic nucleus, yang diaktivasi.

Reproduksi seksual hanya dilakukan ketika ketersediaan makanan berkurang. Reproduksi seksual memungkinkan rekombinasi genetik, sehingga memungkinkan menghasilkan keturunan yang lebih tahan tantangan.

Eduardo Orias, biolog dari University of California, Santa Barbara, seperti dikutip National Geographic, Kamis (25/4/2013), mengungkapkan, kondisi ekstrem juga menyebabkan berkembangnya banyak jenis kelamin.

"Kalau cuma punya 2 jenis kelamin, hanya ada peluang 50 persen untuk menemukan tipe yang tepat. Jika ada 7 jenis kelamin, peluang bertemu tipe yang tepat meningkat jadi 85 persen," katanya.

Ilmuwan sudah mengetahui bahwa T. thermophila punya tujuh jenis kelamin sejak tahun 1950-an. Namun, baru kali ini ilmuwan berhasil memecahkan teka-teki penentuan jenis kelamin dari spesies ini.

Untuk memecahkan teka-teki penentuan jensi kelamin itu, ilmuwan meneliti strain Tetrahymena selain T. thermophila yang hanya memiliki enam jenis kelamin. Strain itu dipaksa kimpoi dengan cara membuat lingkungannya miskin makanan.

Dalam penelitian, ilmuwan membandingkan gen yang diekspresikan saat kimpoi dan saat pertumbuhan normal.

Hasilnya, ilmuwan mengidentifikasi sepasang gen yang hanya aktif selama kimpoi. Ketika gen tersebut dinonaktifkan, Tetrahymena tak lagi kimpoi. Gen ini menjadi kandidat bagi gen terkait penentuan jenis kelamin.

Ilmuwan kemudian mengurutkan genom Tetrahymena. Mereka mendapatkan enam salinan gen tersebut dalam germline nucleus. Satu salinan untuk satu jenis kelamin.

Dalam eksperimen lanjut, ilmuwan menemukan bahwa Tetrahymena akan menyortir, memotong, dan menyusun ulang enam pasang gen tersebut hingga akhirnya hanya tertinggal satu pasang. Satu pasang itu akan berada di somatic nucleus.

Sepasang gen tersebut akan dieskpresikan di membran sel Tetrahymena agar jenis kelaminnya bisa diketahui.

Orias dan timnya menyatakan, memahami Tetrahymena penting untuk mengembangkan pemahaman tentang bagaimana suatu spesies kimpoi dan bagaimana rekombinasi genetiknya. Pemahaman tentang rekombinasi genetik bisa membantu pengembangan fungsi kekebalan dan sel kanker.

[URL="http://sains.kompas.com/read/2013/04/29/1505270/Makhluk.Unik.Punya.Tujuh.Jenis.Kelamin"]Sumber [/URL]: [URL="http://http//news.nationalgeographic.com"]National Geographic News[/URL]
Kembali Ke Atas Go down
http://funstation.unlimitedforum.com
 
Makhluk ini terdiri atas satu sel, tetapi punya tujuh jenis kelamin.
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» Terima kasih atas support nya sehingga kami bisa mendapatkan juara 1 dan 2 di race 1 serie 2011 ..Over Racing Exhaust Carbon Full system Or SRD Carbon Full System Exhaust @ Sentul [100% made in Japan]
» Newbie sedang membangun mimpi punya Ninin250
» {ask}segitiga atas untuk streetfighter
» ciri2 karburator mati satu...
» Help, masuk gigi satu, mesin mati

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
FUN STATION Forum Friendship & Brotherhood :: Nature & Animal-
Navigasi: